2014年7月29日火曜日

"Doyo no ushi no hi" pada musim panas di Jepang

Hari ini hari Selasa 29 Juli 2014 jatuh pada "Hari Khusus untuk Makan Unagi (belut air tawar atau ikan sidat)" yang disebut dalam bahasa Jepangnya "Doyo no ushi no hi". Kebiasaan
makan Unagi pada musim panas ini dimaksudkan untuk menghilangkah kelelahan musim panas sekaligus agar dapat melewati musim panas dengan tetap sehat.

Seminggu terakhir ini di Jepang banyak yang terkena sakit apa yang disebut "penyakit
yang diakibatkan oleh panas terik matahari. Dalam beberapa hari ini saja sudah seribuan
orang dilarikan ke rumah sakit, dan belasan orang di antaranya meninggal karena gangguan
ketidakseimbangan kandungan air pada tubuhnya. Walaupun sedikit berbeda tergantung pada lokasinya, tetapi suhu udara di Jepang bisa mencapai hingga 36 derajat celsius. Sungguh luar biasa panasnya di Jepang tahun ini.

Walaupun harga satu porsi atau seekornya 3.100 yen, tetapi mengingat faktor keselamatan sangat terkait dengan kesehatan maka hari ini saya ajak isteri saya ke sebuah restoran khusus untuk Unagi yang berlokasi di sebuah kota yang bernama Tsukuba di prefektur Ibaraki yang terletak k.l. 60 km ke arah Timur Laut dari Tokyo. Enak sekali karena Unagi di restoran ini dibakar dengan arang membara. Ini dia!



Restoran Unagi "Matsunoya" di kota Tsukuba, Prefektur Ibaraki

1 件のコメント:

  1. Lucky Hariyanto2014年9月13日 14:49

    Andaikan masakan unagi ada di indonesia, yang mempunyai musim kemarau panjang, pasti sangat membantu sekali untuk kesehatan.

    返信削除