2015年7月14日火曜日

Acara Reuni Perkumpulan Indonesia Universitas Takushoku, Tokyo

Hari Sabtu tanggal 11 Juli 2015 saya jadi seorang pembicara dalam acara reuni Perkumpulan Indonesia di Universitas Takushoku Tokyo dengan judul "Kegiatan saya
sebagai seorang pembicara seminar motivasi di Indonesia dalam waktu 5 tahun terakhir ini". Selama 5 tahun terakhir ini saya mendapat kesempatan mengikuti seminar motivasi
sebagai seorang pembicara di 12 kota (Pekanbaru, Dumai, Padang, Bandung, Jakarta,
Depok, Garut, Temanggung, Tegal, Yogyakarta, Sumenep(Madura, Jatim) dan Purwokerto.
Tentu saja kesemua seminar motivasi tersebut disampaikan dalam bahasa Indonesia.

Dan sekarang baru pertama kali saya melakukan seminar motivasi saya dalam bahasa ibu saya yaitu bahasa Jepang di depan para rekan-rekan seuniversitas tersebut. Saya sangat terkesan melihat adanya para peserta seminar tersebut sibuk mencatat apa-apa yang sampaikan pada waktu itu. Rupaya mereka sangat terinspirasi. 

Saya berharap mudah-mudahan ada kesempatan serupa lagi di negeri Sakura ini.  Saya tertambah kepercayaan pada diri sendiri dalam mengikuti seminar motivasi yang saya sampaikan dalam bahasa Jepang, bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja seperti yang saya lakukan selama ini di Indonesia.




0 件のコメント:

コメントを投稿