2017年8月5日土曜日

Seminar 3B di Kelapa Gading, Jakarta

Pada tgl. 29 Juli 2017 saya diundang sebagai salah seorang pembicara
seminar yang berjudul 3B (Bugar, Bahagia, Hidup bertujuan/bermakna)
yang diselenggarakan oleh Panitia Sminar 3B Jayaperbangsa.
Lokasi seminarnya dibuka di Gd. STT REM, Kepala Gading, Jakarta Utara.

Saya sangat merasa senang bisa ikut serta seminar dimana saya sempat
menyampaikan pola pikir atau gaya dasar orang Jepang ttg Dotoku,
Ganbaru dan Ikigai. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih
khususnya kepada Bapak Samuel dan Ibu Yanti yang mengundang saya.


Dalam acara tanya-jawab, seorang Australia bertanya kepada saya,
Kenapa Ueno-san senang sama Bungkarno?
Saya jawab, pada umumnya orang Jepang sangatlah menghormati
Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Memang ada kaitan erat dengan
salah seorang isterinya berasal dari negeri Sakura. Namun, bagi saya
khususnya pernah diterima oleh Bungkarno pada waktu saya masih
kuliah di universitas Takushoku Tokyo pada tahun 1959.

Perjumpaan saya dengan Bapak Soekarno ini tak terlupakan
dalam hidup saya selama ini. Saya diamanati beliau untuk menjadi
seorang Jepang yang menjembatani hubungan persahabatan Indonesia
dan Jepang. Pesanan beliau ini sampai sekarang dijadikan sebagai
nafkah batin bagi saya. Pada tahun 1981 saya membentuk
sebuah organisasi persahabatan bernama Perkumpulan Persahabatan
Indonesia Tochigi atau PPIT. Tgl. 9 Juli yang baru lalu PPIT 
menjelang HUT Ke-36. Saya selalu berusaha keras untuk 
meningkatkan hubungan persahabatan kedua negara melalui
kegiatan-kegiatan PPIT tersebut.
Saling menghormati dan saling percaya.

Selain itu, atas pertanyaan peserta Australia tersebut, saya menambahkan
bahwa tanpa Bungkarno NKRI yang sekarang tak mungkin terwujud.


Para peserta seminar.
Tampak Bapak Samuel, Ibu Yanti dan Bapak Wilson Lalengke


Foto bersama dalam acara pemberian cinderamata 
kepada narasumber


Kepada Bapak Samuel dan Ibu Yanti,
Atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan
sekali lagi terima kasih. Mohon maaf bila ada kekurangan
atau kesalahan. Sampai ketemu lagi!

5 Agustus 2017
Sekjen Perkumpulan Persahabatan Indonesia Tochigi / PPIT
Katsujiro Ueno












0 件のコメント:

コメントを投稿