2013年9月5日木曜日

Membaca adalah "Menulis", kata sahabat saya Wilson Lalengke

Forum Aktif MenulisFAM INDONESIA
FAM PUBLISHING

Buku Puisi “Gerimis di Ujung Kemarau” karya Darmawati

Judul: Gerimis di Ujung KemarauPenulis: DarmawatiKategori: Buku PuisiTerbit: Juli 2013Tebal: 98 HalamanISBN: 978-602-7956-70-9Harga: Rp30.0...
18 Aug 2013 | 0 comments | Read more

Buku “Metode Penyelesaian Berbagai Operasi Bilangan” Karya Muchamad Hamam

Judul: Metode Penyelesaian Berbagai Operasi BilanganPenulis: Muchamad HamamKategori: Buku Non FiksiTerbit: Juli 2013Tebal: 139 HalISBN: 978...
13 Aug 2013 | 0 comments | Read more
BERITA UTAMA

Satu Setengah Jam Bersama Katsujiro Ueno

Oleh Efri S. Bahri (IDFAM 1157U)Pagi itu saya berangkat dari rumah mengantarkan anak-anak ke sekolah. Setelah itu saya melanjutkan perjalan...
04 Sep 2013 | 0 comments| Read more

Pengumuman Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional

Tema: “TKI: Hujan Emas di Negeri Orang, Hujan Batu di Negeri Sendiri”Dimulai: 1 September 2013Deadline: 25 September 2013Pengumuman Pemenan...
01 Sep 2013 | 0 comments| Read more

Terima Kasih Redaksi Kartini

Apa tanggapan Aliya Nurlela tentang dimuatnya hasil wawancara kisah inspiratif di Majalah Kartini edisi 2355, Agustus 2013? Inilah tanggapa...
24 Aug 2013 | 0 comments| Read more

Segera Terbit, Buku "Bersurat-suratan di Bulan Ramadhan" karya Acet Asrival dkk

Segera Terbit, Buku “Bersurat-suratan di Bulan Ramadhan” (Kumpulan Surat-Surat Pilihan) Karya Acet Asrival, dkk. Penerbit FAM Publishing, 2...
24 Aug 2013 | 0 comments| Read more
RESENSI BUKU

[Resensi Buku] Menelisik Sayap Jibril

Judul Buku: Sayap JibrilKategori: Kumpulan CerpenPenulis: Habiburrachman, dkkPenerbit: FAM PublishingTahunTerbit : 2013Tebal: 199 halamanIS...
26 May 2013 | 1 comments| Read more

[Resensi Buku] Bagai Buku Harian yang Tertuang Lewat Syair Indah

Judul Buku: Dermaga BatuJenis Buku: Kumpulan PusiPenulis: Ken hanggaraPenerbit: FAM PublishingCetakan: I, Januari 2013Tebal: xvi+192 halama...
26 May 2013 | 0 comments| Read more

[Resensi Buku] Flamboyan Bertasbih Mengagungkan NamaNya

Judul Buku: Flamboyan SenjaKategori: Kumpulan CerpenPenulis: Aliya NurlelaPenerbit: FAM PublishingCetakan: I, Desember 2012Tebal: 139 Halam...
26 May 2013 | 0 comments| Read more

[Resensi Buku] Segala Sesuatu Tercipta Dua Kali

Judul Buku: Membungkus MimpiKategori: 43 Pucuk Surat PilihanPenulis: Muhammad Sofyan Arif, dkk.Penerbit: FAM PublishingTahun Terbit: Cetaka...
26 May 2013 | 0 comments| Read more
PROFIL ANGGOTA

Profil Anggota FAM Indonesia: Andi Kumala Dewi Syam (Makassar)

Aisyah yang lebih dikenal di dunia maya memiliki nama lengkap Andi Kumala Dewi Syam lahir pada tanggal 22 Februari 1991 di kota daeng Makas...
29 Jul 2013 | 0 comments| Read more

ULASAN CERPEN

Ulasan Cerpen "Sepenggal Kata Bijak" Karya Hidayatul Hasanah (FAMili Kartasura, Jawa Tengah)

Cerpen ini berkisah tentang keengganan gadis bernama Lizda untuk mengikuti keinginan orangtuanya. Ayah-ibunya menginginkan Lizda agar kelak...
27 Aug 2013 | Read more
ULASAN PUISI

Ulasan Puisi "Ragaku" Karya Tri Oktiana (FAMili Sumbar)

Puisi ini cukup unik. Pemilihan diksi yang sederhana tidak membuat makna yang timbul terasa hambar, datar, atau kurang menarik. Namun justr...
29 Aug 2013 | Read more
ULASAN NOVEL

Ulasan Resensi “Masya Allah dingin sekali Dev” Karya Robi Andika Amsar

Resensi novel ini sudah bagus dan sudah mencerminkan isi novel. Namun sayangnya penulisan judul “Masya Allah dingin sekali Dev” masih kuran...
08 Nov 2012 | Read more
ULASAN ARTIKEL

Ulasan Artikel “Celoteh Ngimpi tentang Kemakmuran Indonesia” Karya Funky Dyan Pertiwi (FAMili Surabaya)

Setelah mencermati substansi dari artikel ini, Tim FAM Indonesia berkeyakinan bahwa penulis tidak bermaksud untuk bersikap apatis terhadap ...
31 May 2013 | Read more
CERPEN PILIHAN

Selepas Kumandang Takbir

Cerpen Muhammad Subhan*)[Terbit di Koran Harian Singgalang, Padang, edisi Minggu, 26 Agustus 2012, beredar Sabtu, 25 Agustus 2012]TELAH put...
13 Nov 2012 | Read more
KOLOM

Filosofi Jalan Raya

Oleh Muhammad Subhan*)“Tunjuki kami jalan yang lurus (Shirathal Mustaqim). (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada m...
14 Nov 2012 | Read more
PROFIL SASTRAWAN

Profil Sastrawan Minangkabau: Aman Datuk Madjoindo

Aman Datuk Madjoindo (lahir di Supayang, Payung Sekaki, Solok, Sumatera Barat, 5 Maret 1896 – meninggal di Sirukam, Payung Sekaki, Solok Su...
13 Oct 2012 | Read more
PANDUAN MENULIS

Kata Kamus Hari Ini: “Rezeki”

FAMili. Satu kata lagi yang harus menjadi perhatian kita bersama dan sering salah ditulis, yaitu “rezeki”, sering ditulis “rejeki”. KBBI me...
13 Jan 2013 | Read more

Rabu, 04 September 2013

Satu Setengah Jam Bersama Katsujiro Ueno

Oleh Efri S. Bahri (IDFAM 1157U)

Pagi itu saya berangkat dari rumah mengantarkan anak-anak ke sekolah. Setelah itu saya melanjutkan perjalanan ke kantor naik bus umum. Motor saya simpan di penitipan motor. Alhamdulillah pagi itu, bus langsung ada. Dan saya pun dapat tempat duduk di bagian paling belakang.

Selama perjalanan saya pun bisa istirahat. Lumayan juga dengan naik bus, saya bisa istirahat selama perjalanan menuju kantor. Sesaat mau turun dari bus saya terbangun. Saya pun mengapai handpone guna melihat mana tahu ada pesan-pesan yang penting. Benar rupanya, ada sebuah pesan yang masuk. “Asslm, pak Efri yang baik, jika ada waktu pg ini merapat ke Hotel Sahid, ada kawan sy org Jepang ingin bertemu, makasih /WL@PPWI”.

Sejenak saya berpikir. Ada sms masuk tapi orangnya seperti kenal dengan saya. Maklum memang hp saya beberapa kali trouble sehingga nomor-nomor rekanan hampir semuanya hilang. Saya balik bertanya, “Maaf dg siapa nih?”. “Saya Wilson Lalengke temannya Muhammad Subhan, makasih”, jawabnya.

Pikiran saya langsung tertuju jangan-jangan ini temannya Ketum FAM Indonesia, karena namanya sama. Dan memang benar. Saya coba yakinkan lagi dengan satu pertanyaan, “Muhammad Subhan dari FAM/PPWI?”. Memang benar, “Yup, benar”, jawab Wilson yang akrab dipanggil Soni sama temannya dari Jepang tadi.

Saya ingin sekali untuk berjumpa dengan Pak Wilson dan temannya tadi. Sebab saya begitu penasaran dan tertarik ketika Pak Wilson mengatakan temannya dari Jepang itu ingin sekali ketemu dengan Perkumpulan Penulis. Namun, pagi itu saya harus segera datang ke kantor karena ada hal yang mesti segera saya kerjakan.

Saat itu saya berpikir bagaimana caranya bisa ketemu dengan tamu dari Jepang ini. Akhirnya saya pun meluncur naik taxi ke Hotel Sahid agar bisa cepat sampai. Namun, hanya selang waktu sekitar setengah jam rupanya mereka sudah tidak di tempat lagi. Saya menelpon Pak Wilson. Lewat sms ia mengabarkan bahwa ia sudah balik ke kantor dan mungkin rekannya tadi masih di tempat. Saya pun diberi nomor kontaknya. Pesan beliau, “Coba saja telpon, beliau bisa Bahasa Indonesia”, jelas Wilson.

Saya pun langsung menelepon. “Saya lagi ke toko buku. Nanti kalau mau gabung sekitar jam tiga sore. Ada Soni juga”, ungkap tamu dari Jepang yang bernama Katsujiro Ueno. Akhirnya saya balik lagi ke kantor. Saya sudah pesimis untuk bisa berjumpa beliau. Hari-hari ini agenda kerja begitu padat.

Alhamdulillah sorenya saya kontak lagi. Menjelang jam tiga sore saya kirimkan pesan kepada Pak Wilson. Saya kirim sms: “Mas, sepertinya saya nggak bisa ijin jam 3 ini. Tadi belum jadi bikin janji dengan M. Ueno. Cuma pagi tadi kalau mau ikut bisa gabung jam 3. Baru agak longgar jam 5 sore”.

Akhirnya sebelum jam 5 sore saya langsung meluncur ke Sahid. Alhamdulillah akhirnya bisa berjumpa dengan Mas Wilson alias Soni dan Mr. Katsujiro Ueno.

Pertemuan itu adalah yang pertama kali. Namun rasanya saya sudah kenal lama dengan mereka. Masing-masing kami memperkenalkan diri dan langsung terlibat dalam diskusi ringan dan dinamis. Banyak hal yang kami bicarakan. Mr. Ueno berpesan agar ada gerakan membaca di negeri ini. “Tidak mungkin negara ini akan maju kalau generasinya tidak suka membaca”, ungkap Ueno. Ia memberikan apresiasi kepada FAM Indonesia yang telah berupaya membangun budaya membaca dan menulis khususnya di kalangan generasi muda. Bayangkan di usianya yang sudah 74 tahun ia begitu bersemangat untuk memberikan motivasi kepada generasi muda Indonesia. Terima kasih kepada Ketum FAM Indonesia Muhammad Subhan atas rekomendasinya untuk ketemu dengan Mr. Ueno dan Mas Soni.

Foto: Efri S. Bahri bersama Wilson Lalengke (Ketum PPWI Pusat) dan Mr. Katsujiro Ueno (Sekjen Perkumpulan Persahabatan Indonesia Tochigi [PPIT]).

0 件のコメント:

コメントを投稿