Secara umum diikatakan bahwa hampir 90% kekhawatiran kita dalam hidup ini disebabkan karena adanya ketidaklancaran yang dikaitkan dengan masalah interpersonal baik di tempat kerja maupun di lingkungan dimana kita berada.
Nah, menurut anda, bagaimana baiknya untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan orang lain? Apakah ada cara yang baik untuk memecahkan masalahnya?
Berikut saya ambil contoh yang mungkin sangat bermanfaat untuk melancarkan hubungan yang baik dengan orang lain khususnya bagi yang sulit bergaul dengan pihak ketiga di tempat dimana anda bekerja sebagai karyawan atau karyawati atau siswa/siswi.
Yang saya anjurkan di sini adalah praktekan HoRenSo.
HoRenSo adalah kependekan dari kata Hokoku (Lapor), Renraku(Komunikasi) dan Sodan(Konsultasi). Ketiga hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan kekuatan perusahaan hingga 100% dengan cara memahami dan mempraktekkan HoRenSo.
Hokoku (Lapor) perlu dianggap sebagai "Kewajiban" bagi yang bersangkutan.
Dalam hal "Lapor" ini ada 3 hal yang tidak boleh kita lupakan, yaitu
1. Lapor kesimpulan(hasil)nya dengan singkat dan jelas.
2. Laporan interim bila pekerjaannya dibutuhkan waktu yang lama.
3. Kesalahan dan Keluhan harus dilapor terlebih dahulu.
Perlu ditambahkan bahwa laporan itu harus disesuaikan dengan hal-hal yang
dimintai oleh atasan kita.
Selanjutnya, "Komunikasi" (Renraku) itu penting sekali dalam hal "Tenggang Rasa".
Untuk mempraktekkan Renraku ini perlu kita ingat tiga hal berikut ini, yaitu
1. Janganlah merasa malas melakukan komunikasi.
2. Bukannya "sudah saya bilang", melainkan "Apakah apa yang Anda sampaikan itu sudah dipahami dengan baik oleh si lawan bicara itu atau tidak.
3. Ucapan terima kasih harus "secepat-cepatnya".
Terakhir adalah tentang Konsultasi atau Sodan yang berguna untuk memecahkan masalah.
3 hal yang perlu kita ingat dalam hal ii adalah sbb;
1. Apa yang kita berkonsultasi dengan atasan harus kita susun dulu secara teliti.
2. Menentukan tema konsultasi terlebih dahulu, dan hindari akal melintas yang muncul
secara tiba-tiba di benak kita.
3. Laporan hasil kegiatan dan ucapan terima kasih kepada atasannya.
Kesimpulan:
Dengan adanya aktivitas HoRenSo tiap hari di tempat kerja maupun di sekolah, dengan
sendirinya kita dapat memecahkan kekhawatiran dan masalah yang kita hadapi.
Try first before thinking. Berapa kali anda ucapkan "terima kasih" hari ini?
0 件のコメント:
コメントを投稿