2012年6月2日土曜日

Komentar dari teman lamaku tentang blog saya ini.

Barusan saya menerima Emailnya dari teman lamaku yang bernama Wilson Lalengke alias Shony san. Saya menilai isi Emailnya pantas untuk disebarkan melalui blog saya ini.
Terima kasih, Pak Shony



Selamat pagi Sobat terbaikku Ueno san

Senang sekali mendapatkan jawaban cepat atas email saya kemarin. Maaf baru sempat baca dan membalasnya, kesibukan saya di Jakarta cukup padat dan koneksi internet yang kurang baik beberapa hari ini di tempat saya menjadi hambatan sedikit.

Saya sudah sempat mengunjungi blog-nya, bagus sekali, tipikal seorang Sensei yang sangat peduli dengan pendidikan Indonesia yang masih belum juga bisa beranjak maju hingga saat ini. Persoalan pendidikan di negeri ini, menurut saya, memang sangat kompleks dan tidak dapat diselesaikan hanya dalam waktu 10-20 tahun. Indonesia butuh pergantian 2-3 generasi untuk menjadi lebih baik dari saat ini.

Saya salut dengan Mr. Ueno san, yang dalam hidupnya selalu punya target, punya sasaran tembak yang jelas, yang hendak dicapai dalam tahapan-tahapan yang juga jelas. Kegigihan tanpa mengenal lelah, tanpa mengenal hambatan kecuali keberhasilan perjuangan adalah sesuatu yang pasti akan banyak menginspirasi masyarakat Indonesia. Blog Ueno san tadi telah memberikan banyak hal berharga bagi saya pribadi, pembelajaran hidup dari seorang Sahabat kental saya, seorang Jepang tulen secara fisik, tapi asli Indonesia dalam cita can idealisme hidup.

Banyak hal yang ingin saya tuliskan sebagai kesan pertama setelah membaca semua artikel yang ada di blog itu, karena semuanya bagus-bagus, bermakna tinggi, menarik untuk dibaca dan dipelajari, dicermati, dan dihayati, saya amat menikmatinya. Namun, karena waktu yang singkat, saya ingin kemukakan 2 hal yang amat berkesan bagi saya yakni:
1. Wasiat dari Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno kepada Ueno san, sebuah tugas yang juga diamanatkan oleh Perdana Menteri Jepang kepada Ueno san "Jadilah agen pemersatu Indonesia-Jepang, pemersatu Jepang-Asia, pemersatu Jepang-dunia". Ini luar biasa mulia sekaligus luar biasa berat. Setahu saya, tidak ada orang lain yang diberikan tugas luar biasa dari pemimpin-pemimpin luar biasa dunia, seperti itu selain kepada Anda, Ueno san. Tugas itu sudah dijalankan dengan baik oleh Ueno san, pasti... dan sangat berhasil. Dunia akan mencatat keberhasilan itu dengan tinta emas. Ratusan ribu, bahkan mungkin sudah mencapai bilangan jutaan, puluhan juta orang Indonesia, saya satu diantaranya, kenal Ueno san sebagai seorang Jepang-Indonesia tulen. Tentu jumlah yang tidak jauh berbeda juga demikian, jutaan Nihon Jin kenal Ueno san sebagai orang Indonesia-Jepang asli. Selamat!

2. Sebuah SMK di Pekanbaru, Riau..... seluruh elemen di sekolah itu, Mr. Syahril san, Ibu Fitri san, Mr. Sudarman san, para sensei, dan siswa-siswi semuanya, senantiasa menanyakan dan menantikan Anda hadir di SMK di Pekanbaru, Riau itu Ueno san. Semoga pada kedatangan Anda, 30 Juni - 15 Juli (?) mendatang, ada waktu luang 2-3 hari yang kita bisa gunakan mengunjungi sekolah itu, "Sebuah SMK di Pekanbaru, Riau".

Ueno san yang baik, sekedar berbagi cerita lagi, saya saat ini sedang menjalani pendidikan lagi selama 9 bulan, dari tanggal 20 Maret s/d 13 Desember 2012, di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia, www.lemhannas.go.id di Jakarta. Nama pendidikannya, Program Pendidikan Reguler Angkatan Ke-48. Link beritanya di sini: http://www.lemhannas.go.id/portal/in/berita/111-deputi-bidang-pendidikan-pimpinan-tingkat-nasional/1718-pembukaan-ppra-xlviii-lemhannas-ri-tahun-2012.html.

Lembaga ini pertama kali digagas dan diresmikan oleh mantan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, tahun 1965. Beliau juga saat itu memberikan kuliah umum perdana di lembaga tersebut. Saya amat bersyukur bisa mendapat kesempatan mengikuti pendidikan di sana. Sangat terbatas orang yang bisa masuk ke lembaga pendidikan kepemimpinan tertinggi di negara Indonesia. Hanya perwira militer/polri berpangkat minimal Kolonel, Pejabat Pegawai Negeri Sipil di level minimal Esselon II, dan pimpinan puncak Partai Politik dan Organisasi Masyarakat yang bisa diterima belajar di sana. Saya boleh diterima dalam kapasitas saya sebagai Ketua Umum PPWI.

Oya, satu lagi, istri saya titip salam untuk Ueno san, dia teringat saat kita bersama mengunjungi SMK Kansai di akhir tahun 2007 lalu. Semoga bisa ke sana lagi pada saat Anda ke Indonesia kali ini yaa.

Demikian, Teman karibku Ueno san, lebih dan kurang mohon maaf, Tuhan memberkati semoga Anda sehat selalu, sukses dalam tugas sehari-harinya. Saya tunggu Ueno san di Jakarta.

Salam hormat,
Shony - Jakarta

0 件のコメント:

コメントを投稿