2012年11月23日金曜日

Bird Carving

 
Percaya atau tidak bahwa ini adalah sebuah karya buatan saya sendiri?
Saya sebetulnya seorang bird carver atau pengukir burung dari kayu, tapi hobi saya ini tidak diteruskan sejak tahun 2007. Sebelumnya saya suka membuat berbagai macam burung liar dari kayu termasuk burung pipit, burung kingfisher dan lain sebagainya. Kayu ini berasal dari Indonesia, dan namanya kayu jelutong. Kayu ini sangat cocok untuk diukur.  Kalau mau
lihat karya saya ini, silahkan mampir di rumah saya di Utsunmiya, Tochigi, Jepang.
 
Saya merasa heran karena selama ini saya belum pernah mendengar adanya bird carver
di Indonesia, padahal kayu itu sendiri terdapat di Indonesia. Kenapa ya orang Indonesia yang begitu unggul di bidang kerajinan tangan dan terkenal di dunia belum ada yang mau membuat atau mengukir burung seperti ini. Kira-kira 25 tahun yang lalu saya sempat ke AS untuk membeli alat bird carving yang disebut "burning machine" sekaligus menyaksikan pameran bird carving di sana. Luar biasa bagusnya.
 
Adakah yang punya hobi yang sama di Indonesia? Kalau ada, saya ingin juga melihat
langsung karya-karyanya. Terima kasih.
 

3 件のコメント:

  1. Bapak Katsujiro, karya Anda bagus sekali dan tampak halus. Seingat saya, saya belum pernah melihat kerajinan tangan yang khusus seperti ini di Indonesia.

    返信削除
  2. hasil karya sensei yang begitu bagus.mirip aslinya,subarashi sensei

    返信削除