2012年11月14日水曜日

Perjalanan jarak jauh dengan berjalan kaki

Sejak tahun 1999 saya suka melakukan perjalanan jarak jauh dengan berjalan kaki di
sela-sela kesibukan sehari-hari.
Di Jepang terdapat rute jalan yang disebut Gokaido yang artinya lima jalan utama di
waktu zaman Edo yang terdiri dari Oshu Kaido (Sepanjang 770km), Nikko Kaido (140Km),
Koshuu Kaido (219km), Nakasendo (533km) dan Tokaido (495,5km).
Di antara kelima rute jalan utama tersebut, saya sudah menempuh tiga jalan utama yaitu
Oshu Kaido, Nikko Kaido dan Koshu Kaido. Totalnya mencapai 1.129 km. Tidak pernah
kereta maupun mobil satu kali pun. Jalan kaki semuanya.


Jadi selama ini saya sudah berjalan kaki sejauh 1.129 km dari ketiga rute jalan tersebut.

Kemudian, untuk Nakasendo yang jaraknya 533 km itu, saya sudah menempuh jaraknya
sampai 178km, sedangkan untuk rute Tokaido saya sudah sampai di tempat penginapan
yang ke47 dari Edo (sekarang Tokyo) yang namanya SEKI yaitu tinggal jaraknya 72 km
sampai titik goal Kyoto(yaitu sudah menempuh 423km).

Dari data-data di atas, totalnya menjadi 1.129 km + 178 km + 423 km = 1.730 km.
 
Tahukah Anda berapa jaraknya dari Jakarta sampai ke Surabaya?
Jawabannya adalah 674 km. Kalau pp Jakarta-Surabaya, totalnya 1.348 km.

Jadi dapat dikatakan bahwa saya sudah berjalan kali lebih dari pulang pergi Jakarta dan
Surabaya.

Foto di bawah ini adalah foto yang diambil pada tanggal 12 November 2012 di waktu
mau berangkat dari sebuah tempat penginapan dalam perjalanan menuju ke Kyoto.


0 件のコメント:

コメントを投稿