2012年5月14日月曜日


PROFIL KATSUJIRO UENO

Nama                 : Katsujiro Ueno
Tanggal lahir         : 21 Agustus 1939
Alamat               : 13-2577-3 Esojima, Utsunomiya, Tochigi, Japanj 321-0107
Nomor telepon : +81-286-58-4080   Fax: +81-286-58-7480
Pekerjaan          : Instruktur bahasa Jepang kepada para trainee Indonesia,
                             Penerjemah Bahasa Jepang-Indonesia dan sebaliknya.
                              Agen penyalur media cetak Indonesia(Gatra, Tempo, Suara Pembaruan) di Jepang
Jabatan              : Sekjen Perkumpulan Persahabatan Indonesia Tochigi (PPIT)
Pendidikan   :Lulus Jurusan bahasa Indonesia, Fakultas Perdagangan Internasional dari Universitas Takiushoku, Tolyo pada tahun 1962.
Riwayat   :
Pada tahun 1959, bertemu dan berjabatan tangan dengan Presiden RI pertama, Bapak Soekarno di Tokyo dalam acara pertemuan Bapak Presiden dengan para warga Indonesia di Tokyo dan sekitarnya. Saya diundang khusus untuk mewakili parfa mahasiswa Jepang yang mengambil jurusan bahasa Indonesia pada waktu itu. Bapak Bung Karno mengatakan kepada saya, “Jadilah orang yang menjembatani persahabatan Indonesia dan Jepang di mada depan”.

Pada tahun 1961, berkunjung ke Pakistan untuk mengadakan pertukaran mahasiswa antara Jepang dan Pakistan(melalui perkenalan olahraga tradisional Jepang seperti Judo, Karate dan Aikido. Saya sebagai penerjemah) pada tahun 1961. Kebetulan kami sempat bertemu dengan Perdana Menteri Jepang pada waktu itu, Bapak Hayato Ikeda di Kota Karachi, Pakistan. Bapak Ikeda mengatakan kepada kami, “Usahakanlah agar menjadi orang yang menjembatani Jepang dan Asia di masa depan”.

Pada tahun 1981, saya membentuk Perkumpulan Persahabatan Indonesia Tochigi dengan tujuan untuk mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang pada umumnya dan khususnya Tochigi.
Selain itu,
-          Sejak 20 tahun yang lalu saya diangkat menjadi instruktur bahasa Jepang kepada para trainee Indonesia di Jepang baik di Prefektur Gunma maupun di Tochigi.
-          Menerbitkan buku pelajaran bahasa Indonesia pada tahun 1987.
-          Menerima surat penghargaan dari pemerintah Indonesia ats jasanya dalam meningkatkan hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang.
-          Menerbitkan kamus kata-kata singkatan bahasa Indonesia pada tahun 1992.
-          Menerbitkan kamus contoh-contoh kalimat bahasa Jepang – Indonesia versi kata kerja pada tahun 1994.
-          Sejak tahun 1995, saya diangkat menjadi Angen Penyalur Media Cetak Indonesia, di antaranya Suara Pembaruan, Gatra dan Tempo.
-          Menerbitkan kamus istilah hukum(Jepang – Indonesia) pada tahun 2001.
-          Pada tahun 2007, memberi ceramah tentang pola pikir orang Jepang di sebuah SMK di Pekan Baru, Riau.
-          Pada tahun 2009, memberi ceramah yang isinya sama dengan yang diatas kepada para mahasiswa jurusan bahasa Jepang di perguruan tinggi bahasa asing di Bandung.
-          Pada tanggal 3 Juli 2011, merayakan HUT Ke-30 PPIT di kota Utsunomiya, Tochigi.
-          Pada tanggal 26 November 2011, melakukan ceramah motivasi terhadap para guru SD/SMP/SMA/SMK di Temanggung, Jawa Tengah.
-          Pada tanggal 10 dan 12 Maret 2012, berceramah tentang seminar motivasi terhadap para guru sekolah PIUS dan kepala sekolah pemkot Tegal, Jawa Tengah.

                                Terima kasih.

                                                                                              Katsujiro Ueno

0 件のコメント:

コメントを投稿