2015年6月30日火曜日

Toko Shinoda, penulis kaligrafi wanita Jepang berusia 103 tahunDal

Diambil dari acara TV NHK pagi hari ini, 30-06-2015


Tadi pagi Selasa 30 Juni 2015 saya sempat menonton acara TV NHK yang memberitakan 
tentang hidupnya seorang penulis kaligrafi wanita Jepang, Toko Shinoda yang sekarang berusia 103 tahun.

Dalam bukunya yang saat ini sangat laris di Jepang, disebutkan bahwa atas pertanyaan 
apakah Ibu tidak merasa takut akan kematian, beliau menjawab "Jika saya berhenti
memikirkannya, sama sekali saya tidak merasa takut mati."

Beliau menambahkan bahwa saya sejak kecil membiasakan diri agar tidak berpikir terhadap
hal-hal yang tidak dapat diatasi dalam hidupnya.

Menurutnya, perasaan yang dirasakannya pada pagi hari ini jauh berbeda dengan perasaan
yang telah dirasakannya kemarin. Dengan kata lain, hari ini bukanlah lanjutan dari kemarin.
Beliau menekankan pentignya "bersyukur" terhadap segala sesuatu dan menyumbangkan
pengalaman dan pikirannya kepada orang lain.

Saya dapat belajar banyak dari acara TV NHK tersebut. Saya juga mau meniru apa yang
dikatakannya. 






0 件のコメント:

コメントを投稿