2014年3月19日水曜日

Kejadian yang mengesankan tadi pagi

Sejak tanggal 16 Maret saya tinggal di Sahid Jaya Hotel, Jalan Sudirman Jakarta.
Tadi pagi yaitu tanggal 19 Maret seperti biasa saya turun ke lantai satu untuk makan pagi.
Beda dengan hari-hari biasa, tadi pagi semua tempat duduk sudah diisi tamu kecuali satu
kursi yang kosong. Saya langsung bertanya, "Boleh saya duduk di sini, Pak?" "Silahkan" jawabnya. 

Saya mulai makan sambil menyapa "Bapak-bapak datang dari mana?" "Kami datang dari Surabaya, ada rapat sejak kemarin di hotel ini, dan besok kami pulang ke Surabaya". Demikian jawabnya. Mereka datang ke hotel ini untuk menghadiri rapat yang diselenggarakan
oleh kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi biorkirasi.

Mereka juga bertanya kepada saya, "Bapak dari mana? " "Saya datang dari Jepang untuk
mengikuti seminar motivasi sebagai pembicara di sekolah rumah di Depok dan beberapa SMK baik di Bekasi dan juga di Juanda di dalam kota Jakarta." "Tema seminarnya apa?" "Pentingnya membaca dan menulis buku harian 10 tahun". "Apa buku harian 10 tahun itu, isinya seperti apa?" Mereka tanya-tanya kepada saya. Langsung saya ke kamar untuk
mengambil buku harian 10 tahun yang dimaksud.

"Ini dia, Pak" Seorang dari tiga PNS itu melihat langsung isinya, dan bertanya bagaimana cara menulisnya dan harganya berapa?"  Saya menjawab pertanyaannya satu demi satu.
Harganya Rp.280.000 tapi karena dapat dipakai selama 10 tahun maka satu tahun jatuh pada Rp.28.000, dengan kata lain satu bulan Rp.2.400, berarti pula satu hari investasi 
pada dirinya hanyalah Rp.80.  "OK, saya mau beli satu". Langsung jadi transaksinya.
Saya sempat bertanya kepada pembeli itu, apakah buku harian 10 tahun ini Bapak yang
pakai?" "Tidak, untuk anak saya", jawabnya. 

Saya sangat mengesankan keputusan yang diambilnya dalam waktu yang begitu singkat.
Banyak orang bilang, tugas pejabat tinggi maupun presidir di suatu perusahaan, kerjanya
hanya satu, yaitu mengambil keputusan yang tepat dalam waktu cepat. Saya yakin anaknya beliau yang akan memakai buku harian 10 tahun itu pasti mendapatkan sesuatu yang berguna dalam hidupnya ke depan,dan pasti juga berterima kasih atas keputusan yang diambil ayahnya.

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pejabat PAN tersebut yang kebetulan sempat kita berbincang-bincang satu sama lain walaupun waktunya singkat. Dari pengalaman ini dapat kita ketahui pentingnya berinteraksi bersama banyak orang. Coba ingat, kalau saya diam tanpa berkata apapun kepada mereka dan hanya makan saja, kegembiraan yang saya rasakan tadi pagi itu tak mungkin dapat saya alami. Ayo, marilah kita berinteraksi dengan banyak orang di manapun kita berada.

Demikian kesan yang saya peroleh tadi padi. Semoga Anda dapat merasakan sesuatu dari
cerita nyata saya ini. Terima kasih.



0 件のコメント:

コメントを投稿