2014年3月14日金曜日

Para Karyawati Indonesia di Jepang lulus ujian JLPT level 3

Walaupun agak terlambat perolehan informasinya tapi tadi pagi saya diberitahu bahwa beberapa karyawati Indonesia yang bekerja di Prefektur Gunma telah lulus ujian kemampuan bahasa Jepang atau JLPT/Japanese Language Proficiency Test level 3.  Selamat kami ucapkan kepada mereka yang bersangkutan.

Nanti pada tanggal 29 Maret yad. saya akan mengambil foto bersama dengan mereka yang telah lulus ujian tersebut. Tentu sajak foto itu akan dimuat di blog saya ini. Sekali lagi "Congratulation!" kami sampaikan.

Ada satu hal yang perlu saya catat di sini adalah bahwa kelompok karyawati Indonesia yang
tersusun dari 9 orang yang kebanyakannya berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah itu rajin sekali menulis buku harian 10 tahun sejak dua tahun yang lalu. Setiap malam sebelum
tidur mereka membiasakan diri menulis target hidupnya yang nyata yang dalam hal ini "Aku harus lulus ujian maka harus juga mempersiapkan diri apa yang harus kulakukan.

Menulis buku harian 10 tahun itu sangat bermanfaat untuk mengingatkan diri sendiri agar
yang bersangkutan dapat mencapai cita-cita atau impinan yang ingin mereka capai.
Coba bandingkan, apa bedanya antara orang yang selalu menulis dan mengingatkan diri sendiri melalui buku harian berjangka 10 tahun itu dan orang yang tidak menulisnya. Saya yakin pasti ada bedanya. Menulis setiap hari atau tidaknya dapat dikatakan berpotensi mengirikanankan nasib kita. Demikian anjuran saya.

Dalam kunjungan saya ke Indonesia kali ini saya ingin menceritakan pentingnya menulis dan
membaca buku kepada berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Tanggal 16 saya akan
berangkat menuju ke Jakarta dengan Garuda Indonesia Airline. Sampai jumpa.


0 件のコメント:

コメントを投稿